Rabu, 21 Mei 2014

wushu dapat melatih kecerdasan dan mengoptimalisasikan otak kanan dan otak kiri pada anak anda ...

WUSHU * KUNG FU ( SENI BELADIRI BERPERANG ) ...



WUSHU
 
WUSHU
( Mandarin Hanji sederhana :; Hanji tradisional : 武術) adalah baik peragaan dan olahraga penuh kontak yang berasal dari seni bela diri tradisional Cina yang lebih dikenal dengan sebutan KUNG FU atau GONG FU (功夫, pinyin: gōngfu) KUNG FU SHAOLIN ( 少林,pinyin: Shàolín). Hal ini dikembangkan di China setelah 1949 , dalam upaya untuk membakukan praktek. seni bela diri tradisional Cina, meskipun upaya untuk struktur berbagai tradisi seni bela diri yang terdesentralisasi tanggal kembali lebih awal , ketika Tengah Central Guoshu Institute didirikan di Nanking pada tahun 1928 . Wushu istilah Cina untuk " seni bela diri " yang berasal dari dua kata (" Wu " - berperang atau bela diri , " Shu " - seni ) . Pada zaman kontemporer , wushu telah menjadi olahraga internasional melalui International Wushu Federation ( IWUF ) , yang memegang atau menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Wushu setiap dua tahun ; Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1991 di Beijing dan dimenangkan oleh Yuan Wen Qing.


Wushu kompetitif terdiri dari dua disiplin ilmu :
. Taolu (套路, bentuk) dan sanda (散打; sparring)

Taolu melibatkan pola seni bela diri dan manuver yang pesaing dapat dihakimi dan diberi poin sesuai dengan aturan tertentu . Bentuk terdiri dari gerakan dasar ( stances, kicks, punches, balances, jumps, sweeps and throws ) berdasarkan kategori agregat gaya seni bela diri tradisional Cina dan dapat diubah untuk kompetisi dengan menyorot kekuatan seseorang . Bentuk kompetitif memiliki batas waktu yang dapat berkisar dari 1 menit , 20 detik untuk beberapa gaya eksternal dan selama lima menit untuk gaya internal. Pesaing wushu modern semakin memperdalam dan mengasah pelatihan teknik udara seperti berputar 540 - , 720 - . , Dan bahkan 900 derajat melompat dan menendang untuk menambahkan lebih banyak kesulitan dan gaya untuk bentuk mereka.

Sanda ( kadang-kadang disebut Sanshou atau Lei tai) adalah metode pertempuran modern dan olahraga dipengaruhi oleh tinju tradisional Cina, metode gulat Cina disebut Shuai jiao (Chinese: 摔跤 or 摔角; pinyin: Shuāijiāo; Wade–Giles: Shuai-chiao) dan teknik bergulat Cina lainnya seperti Chin na atau Qinna adalah istilah Cina yang menggambarkan teknik kuncian bersama yang digunakan dalam seni bela diri Cina untuk mengontrol atau mengunci sendi lawan atau otot / tendon sehingga ia tidak bisa bergerak , sehingga dapat menetralkan kemampuan bertarung lawan, Chin na su (Cina :; pinyin : shu teknik berarti) . Ia memiliki semua aspek tempur wushu . Sanda muncul seperti Kickboxing atau Muay Thai ada juga Jeet Kune Do ( 截拳道: pinyin ; 'Jié quán dào : Wade—Giles ; Ciekh jien tao : Kanton ; Jit kyùn dou ) yang di ciptakan oleh almarhum Bruce Lee, tetapi mencakup banyak teknik bergulat yang lebih. Kompetisi pertempuran Sanda sering diselenggarakan bersamaan taolu atau bentuk kompetisi.


5 ELEMEN WUSHU
  • Air (” Shuǐ “) : melambangkan kehidupan dan kelembutan, karena air memberi makan tumbuhan dan bentuk air sendiri yang selalu sesuai dengan wadahnya.
  • Kayu (” Mù “) : melambangkan tulang dan otot, sebagai energi dari kehidupan yang jika terkena api akan mengakibatkan terbentuknya panas sebagai tenaga (otot).
  • Api (” Huǒ “): melambangkan kekuatan dan ketangkasan, memberi nutrisi dari hasil pembakaran yang membuat pembaharuan dalam kemajuan.
  • Bumi ( ” Tǔ ”): melambangkan pertahanan, memberikan tempat bagi berbagai unsur untuk berkembang.
  • Logam (金属 ” Jīnshǔ ”): melambangkan penggunaan senjata, mengkombinasikan berbagai unsur yang bermanfaat untuk menguasai berbagai senjata yang sangat penting bagi wushu.
Hubungan berbagai unsur dalam wushu adalah air mendinginkan api, api menempah logam, logam memotong kayu, kayu tumbuh dari bumi, bumi mengontrol air. Jadi, semua unsur ini saling berhubungan satu sama lain

Wushu di Indonesia

Photo with Master Iwan Sultan Wangke at Wiladatika, Cibubur
Di Indonesia, Tidak ada data resmi yang mencatat sejak kapan wushu mulai masuk ke Indonesia, tetapi sejak puluhan tahun silam telah di mainkan oleh banyak orang dari berbagai Kota besar maupun kecil di Indonesia seperti di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan masih banyak lagi daerah lain, Pelatih ( “Jiàoliàn“) saya pernah bercerita tentang Wushu zaman dia masih berlatih di usia muda dulu, sebut saja Iwan Sultan Wangke nama panjangnya, panggilannya Pak Iwan pemilik SASANA WUSHU NAGA AWAN. Dahulu kala wushu masih asing di telinga masyarakat (belum populer namanya) karena mereka lebih mengenalnya dengan sebutan beladiri Kungfu pada tahun 90 an kebawah, dan belum di akui tentang ke pengurusan nya di Indonesia ini. Untuk pertandingan saja dulu masuknya ke organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kalau menurutnya Kungfu menjadi kurang menarik untuk di lihat karena harus mengikuti standar yang berlaku di IPSI, mau gimana lagi ya sudah lah.

Akhirnya pada akhir Oktober 1992 yang di prakarsai oleh tokoh olahraga IGK Manila yang kemudian menjadi Ketua Umum PBWI yang pertama. Manila berhasil membawa wushu Indonesia ke forum Internasional. Wushu kini juga mendapat perhatian yang istimewa dari masyarakat, wushu yang dulu hanya dimainkan oleh orang-orang tua, dan itupun hanya golongan tertentu kini telah memasyarakat. sesuai dengan wewenangnya maka Ketua Umum KONI Pusat Surono' Drs Sutardiono, meminta agar didirikan wushu yang benar di Indonesia. Secara perlahan tetapi pasti duet Manila dan Mediteransjah mengulurkan tangan ke daerah-daerah, mengajak semua pecinta wushu di Indonesia agar bahu membahu membentuk organsasi wushu yang benar dengan mengikuti ketentuan International. Maka terbentuklah apa yang dinamakan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) dan tanggal 10 November 1992 di tetapkan sebagai hari lahirnya PBWI tersebut. Terima Kasih banyak Pak IGK Manila dan Ketua Umum KONI Pusat Surono, dan akhinya indonesia bisa memenuhi Standar Internasional di cabang beladiri Wushu, Jiayoo Wushu Indonesia ...

Domestic Competitions
List of
national and open competition in Indonesia featuring wushu:
  • Pekan Olahraga Nasional ( PON )
  • Kejuaraan Nasional Senior/Junior ( Kejurnas )
  • Kejuaraan Daerah Senior/Junior ( Kejurda )
  • Kejuaraan Antar Club Sasana Wushu Indonesia
World Competitions
List of major international and regional competitions featuring wushu:

  • World Wushu Championships
  • World Junior Wushu Championships
  • World Games
  • World Combat Games
  • Asian Games
  • East Asian Games
  • Southeast Asian Games
  • European Wushu Championships, organised by the European Wushu Federation
  • National Games of the People's Republic of China
  • South Asian Games
  • Mediterranean Games
  • Lusofonia Games

    Contemporary Taolu Events


    Peristiwa Wushu dilakukan dengan menggunakan rutinitas wajib atau individu dalam kompetisi . Rutinitas wajib adalah mereka rutinitas yang telah telah dibuat untuk atlet , sehingga setiap atlet melakukan dasarnya set yang sama . Rutinitas individu adalah rutinitas yang seorang atlet menciptakan dengan bantuan / pelatih nya , saat mengikuti aturan tertentu untuk kesulitan .

    Selain acara untuk rutinitas individual , beberapa kompetisi wushu juga memiliki acara ganda dan kelompok . Secara ganda , juga disebut duilian ( ) , adalah suatu peristiwa di mana ada beberapa bentuk perdebatan dengan senjata , atau tanpa senjata atau bahkan menggunakan tangan kosong melawan senjata . Acara ganda biasanya spektakuler dan tindakan koreografer sebelumnya . The acara kelompok , juga dikenal sebagai  jiti (集体) , membutuhkan sekelompok orang untuk melakukan bersama-sama dan halus sinkronisasi tindakan sangat penting . Biasanya , acara juga memungkinkan kelompok musik instrumental untuk menemani koreografi selama pertunjukan . Karpet digunakan untuk acara kelompok ini juga lebih besar dari yang digunakan untuk rutinitas masing-masing .

    Sebelumnya, kompetisi wushu internasional yang paling sering digunakan rutinitas wajib , sementara kompetisi tingkat tinggi di Cina yang paling sering digunakan rutinitas individual . Namun, setelah tahun 2003 Wushu Dunia di Macau itu memutuskan untuk memilih rutinitas individu dalam kompetisi internasional dengan nandu (难度; gerakan tersulit ) mengintegrasikan 2 titik skor nandu maksimum ke nilai maksimum keseluruhan 10 .

    Ada beberapa kontroversi mengenai dimasukkannya nandu di wushu karena banyak gerakan yang dibuat untuk acara tertentu tidak awalnya gerakan yang digunakan dalam gaya tersebut . Selain jumlah cedera yang telah dihasilkan dari masuknya nandu ini telah menyebabkan banyak orang mempertanyakan inklusi mereka .

    Mereka yang mendukung persyaratan kesulitan baru mengikuti pernyataan bahwa mereka membantu untuk kemajuan olahraga dan meningkatkan kualitas fisik secara keseluruhan dari para atlet
    .

    First - Taolo


  • "Barehanded” (Jurus Tangan Kosong)
    Changquan ( ) – Long fist " Aliran Utara "
    Nanquan ( ) – Southern Fist " Aliran Selatan "
    Taijiquan ( ,or T'ai chi ch'uan ) " T'ai chi Aliran Pernapasan "
    “Short Weapons” (Jurus Senjata Pendek)
    Dao Shu ( or knife ) " Golok Utara "
    Nandao ( 南刀 or Southern Style knife) " Golok Selatan "
    Jian ( or double-edged sword ) " Pedang "
    T
    aijijian ( or Taiji double-edged sword ) " T'ai chi Pedang "
    “Long Weapons” (Jurus Senjata Panjang)
    Gun Shu ( or staff ) " Toya Selatan "
    Nangun ( or Southern cudgel ) " Toya Utara"
    Qiang ( or spear ) " Tombak "

    Other
    Traditional Taolo (Jurus Tradisional)

    Baguazhang (八卦掌) – Eight-Trigrams Palm
    Bajiquan (八極拳) – Eight Extremes Fist/Boxing
    Chaquan () – Cha Fist/Boxing
    Chuojiao () – Poking Feet
    Ditangquan (地躺拳) – Ground-Prone Fist/Boxing
    Fanziquan (翻子拳) – Tumbling Fist/Boxing
    Houquan (猴拳) – Monkey Fist/Boxing
    Huaquan (華拳) – Hua Fist/Boxing
    Paochui (炮捶) – Cannon Punch
    Piguaquan (劈掛拳) – Chop-Hitch Fist/Boxing
    Shequan (蛇拳) – Snake Fist/Boxing
    Tantui () – Spring Leg
    Tanglanquan (螳螂拳) – Praying Mantis Fist/Boxing
    Tongbeiquan (通背拳) – Through-the-Back Fist/Boxing
    Wing Chun (Yongchunquan) – Eternal Spring
    Xingyiquan (形意拳) – Shape-Intent Fist/Boxing
    Yingzhuaquan (鷹爪拳) – Eagle Claw Fist/Boxing
    Zuiquan (醉酒拳) – Drunken Fist/Boxing

    "Traditional Weapons Routines" (Jurus Senjata Tradisional) 
    Changsuijian (長穗劍) – Long-Tasseled Sword
    Shuangshoujian (雙手劍) – Two-Handed Sword
    Jiujiebian (九節鞭) – Nine Section Whip
    Sanjiegun (三節棍) – Three Section Staff
    Shengbiao (繩鏢) – Rope Dart
    Dadao (大刀) – Great Sword
    Pudao (撲刀) – Horse Knife
    Emeici (峨嵋刺) – Emei Daggers
    Shuangdao (雙刀) – Double Broadsword
    Shuangjian (雙劍) – Double Straight-Sword
    Shuangbian (雙鞭) – Double Nine Section Whips
    Shuanggou (雙鈎) – Double Hook-sword
    Liang Ze Gun -- Double Stick
    Jiu Ze Bian -- Iron chain
    Xing Yi Quan
    -- Empty Hand Style


    Second - Sanda

    (Full Body Contact_Kombinasi dari seni beladiri Kung-fu Shaolin China,Shuai Jiaow dan tehnik beladiri Jeet Kune Do)
     
    The Large Family of Wushu



    BAGI ANDA YANG TERTARIK INGIN BELAJAR WUSHU ANDA BISA BERGABUNG BERSAMA KAMI DAN BELAJAR DI TEMPAT KAMI

                    Program Latihan
             Sasana Iskandar Wushu



                  "Barehanded” (Jurus Tangan Kosong)
    Changquan ( ) " Aliran Utara "
    Nanquan ( ) " Aliran Selatan "

      “Short Weapons” (Jurus Senjata Pendek)
    Dao Shu ( ) " Golok Utara "
    Nandao ( 南刀 ) " Golok Selatan
    Jian
    ( ) " Pedang "

       “Long Weapons” (Jurus Senjata Panjang)
    Gun Shu ( ) " Toya Selatan "
    Nangun ( ) " Toya Utara"
    Qiang ( ) " Tombak "




    Persyaratan Anggota
    1. Keterangan Identitas
    2. Usia 4-5 tahun ke atas
    3. Sehat jasmani dan rohani
    4. Melampirkan pas foto 4×6 (2 lembar)
    5. Mematuhi tata tertib yang ada di Sasana Iskandar Wushu

    Biaya Registrasi dan Waktu Latihan
    1. Kelas Reguler kushus di GOR Senam Raden Intan
    Hari Minggu Jam 07.00-09.00 WIB
    I. Uang pendaftaran              Rp 100.000
    II. Iuran per bulan dimuka    Rp 100.000
    III. Wushu Uniform                Rp 300.000
    IV. Wushu T- Shirt                  Rp 100.000

    2. Kelas Privat
     Waktu, tempat, dan biaya berdasarkan kesepakatan dengan pelatih.
    Selain itu Sementara ini kami memusatkan latihan di GOR Senam, saat ini belum membuka cabang lagi di tempat lain.

    Alamat Sekretariat
    Jl Raden Intan 2 No 2, Buaran 3, Kec Duren Sawit, Jakarta Timur No Hp ...
    Ka Iskandar :: 0878-8007-2234
    Ka Ridwan :: 021-99170693
    Ka Ujang :: 0838-9691-6894








             Manfaat Latihan Wushu ...

          
    1 Kesehatan... Sudah pasti semangat hingga dapat melakukan kegiatan apa saja di rutinitas.

       2 Rendah hati... Menjadi kepribadian yang disegani teman atau pun lawan.
     
    3 Disiplin... Membentuk sikap sama mental yang baik dan tangguh untuk prestasi di masa depan.


    " Ketekunan hadir bila apa yang anda lakukan benar-benar berasal dari hati anda. "

    _Iskandar Quotes


3 komentar:

  1. Mksh buat infonya sangat berguna, btw "taolo" tuh apaan ? jurus ?

    BalasHapus
  2. Apakah wushu ada cabang di cileungsi / cibubur..? Mohon informasinya

    BalasHapus